Saturday, March 30, 2013

Planet Bumi

Planet Bumi
Planet Bumi

Secara umum, Bumi adalah planet yang kita tempati, sebuah bagian penting dari sistem tata surya yang terdiri dari 8 planet dan 1 bintang. Sebuah planet adalah benda angkasa yang tidak dapat menghasilkan energi cahaya, seperti layaknya sebuah bintang.

Matahari adalah bintang besar.

Planet Bumi adalah benda angkasa berbatu yang bergerak secara konstan mengelilingi Matahari di lajur yang disebut orbit. Sampai sekarang, ilmuwan kita tidak mengetahui apakah ada planet lain di tata surya kita atau galaksi lain yang bisa ditempati oleh makhluk hidup.

Dalam sistem tata surya kita, Bumi adalah planet ketiga dari Matahari setelah Merkurius dan Venus, dan sebelum Mars. Jarak Planet Bumi dari Matahari adalah 150 juta kilometer (93 juta mil). Pengukuran ini adalah jarak standar yang digunakan dalam ilmu astronomi atau yang biasa disebut AU (Astronomical Unit); jadi jarak Bumi ke Matahari adalah 1 AU.
Jarak dari Matahari ke Jupiter adalah 5,2 AU.

Bumi merupakan planet terbesar ketiga di sistem tata surya kita. Planet Bumi memiliki diameter sekitar 13000 kilometer atau 8000 mil. Planet terbesar adalah Jupiter dengan diameter 143000 kilometer atau 88850 mil.

Planet Bumi berbentuk bulat, tetapi tidak bulat-sempurna seperti bola. Diameter pada garis katulistiwa sedikit lebih besar daripada diameter pada sisi berlawanan. Dalam peta, garis katulistiwa sering digambarkan sebagai sebuah garis horizontal yang membelah Bumi menjadi dua bagian, utara dan selatan. Selain itu, permukaan kutub juga sedikit datar.

Bumi memiliki sebuah satelit (benda kecil yang bergerak mengelilingi benda yang lebih besar), yaitu Bulan. Merkurius dan Venus tidak memiliki Bulan, sedangkan Jupiter dan Saturnus memiliki lebih dari selusin bulan.

Bumi dan Bulan bergerak mengelilingi Matahari satu kali putaran dalam satu tahun; lajur yang dilewati berbentuk oval, bukan bulat. Mereka melakukan putaran itu sebagai 1 unit. Kita sering berpikir bahwa Bulan mengelilingi Bumi, tetapi itu salah. Sebenarnya, Bumi dan Bulan sama-sama mengelilingi sebuah titik pusat yang disebut BARYCENTER. Titik ini adalah pusat keseimbangan berat massa antara Bumi dan Bulan yang terletak sekitar 1700 kilometer (1050 mil) dibawah permukaan Bumi.

No comments:

Post a Comment