Wednesday, April 24, 2013

Apa itu Fisika?

Apa itu Fisika
Apa itu Fisika

Fisika menerapkan metode ilmiah dalam memahami prinsip-prinsip dasar alam; benda dan energi, dan bagaimana mereka berinteraksi. Seorang ahli fisika biasanya menguasai salah satu cabang ilmu pengetahuan ini, walaupun dalam proses belajarnya dia akan menemui disiplin ilmu lain juga. Fisika memiliki beberapa cabang ilmu pengetahuan antara lain astrofisika, kosmologi, geofisika, fisika atom dan nuklir, kuantum, juga fisika teoritis.

Astrofisika dan kosmologi berusaha mengungkap segala bentuk rahasia alam dalam skala besar misalnya mengenai lubang hitam, supernova, dan sebagainya. Dua jenis ilmu pengetahuan ini juga mencakup penelitian tentang proses terciptanya sebuah bintang, galaksi, dan awal terciptanya alam semesta. Di sisi lain, geofisika memberi banya penjelasan tentang fenomena radioaktif, elektromagnetis, dan seismik. Secara umum, banyak sekali ilmu-ilmu spesifik yang masuk dalam katergori geofisika seperti geologi, klimatologi, tektonik, and ilmu kelautan. Geofisika berhasil mengungkap banyak misteri tentang terjadinya gempa Bumi, letusan gunung, pembentukan pegunungan, dan pergeseran benua. Semuanya dijelaskan secara ilmiah dan sangat masuk akal.

Fisika Atom and Nuklir (Atomic and Nuclear Physics), bersama dengan banyak disiplin ilmu lain, berusaha memahami salah satu hal paling mendasar tentang alam, yaitu atom. Nuklir, radiokatif, jam atom (atomic clock), dan alat-alat canggih kedokteran merupakan beberapa hasil penemuan hebat dalam cabang ilmu pengetahuan ini. Dalam memahami atom, ahli fisika juga akan mempelajari tentang Quantum Physics (fisika kuantum).

Quantum physics mempelajari partikel-partikel terkecil di alam semesta. Unsur-unsur cahaya pun dipelajari. Partikel kuantum bergerak secara intuitif, dan sepertinya mereka bisa bergerak kemana saja termasuk menuju masa lalu atau berada di dua tempat berbeda secara bersamaan.

Fisika teoritis sebenarnya memiliki banyak ide-ide luar biasa dan penjelasan yang sangat mencengangkan tentang hampir segala fenomena yang terjadi di alam semesta. Tapi, seringkali tidak ada alat atau cara untuk membuktikan kebenarannya. Seiring dengan kemajuan jaman dan konsistensi para ahli fisika dalam melakukan pekerjaannnya, diharapkan fisika teoritis mampu mengungkap semua hal atau fenomena yang pernah, sedang, dan akan terjadi di Planet Bumi.

Di bagian ini, Sains Alam akan memberikan sedikit penjelasan mengenai prinsip-prinsip fisika sederhana yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Dalam banyak hal, kita menerapkan ilmu fisika tanpa menyadarinya. Semenjak kita bangun tidur sampai kita tertidur kembali, hidup kita selalu dipenuhi hal-hal ilmiah yang luar biasa.

1 comment:

  1. […] air bisa dengan lebih mudah keluar. Fenomena ini tidak umum terjadi jika dilihat dari sudut pandang fisika, tapi bisa dijelaskan dengan mudah. Jumlah uap air yang dihasilkan lebih besar dari ruang yang […]

    ReplyDelete