Saturday, April 27, 2013

Kenapa Kapal Bisa Tetap Terapung?

Tahukah Anda Kenapa Kapal Bisa Tetap Terapung
Kenapa Kapal Bisa Tetap Terapung

Jawaban yang tepat untuk pertanyaan di atas adalah "displacement". Tidak ada padanan kata bahasa Indonesia yang benar-benar bisa menjelaskan makna kata tersebut secara akurat. Secara umum, displacement berarti jumlah cairan yang dipindahan dari suatu tempat karena keberadaan benda lain yang mengapung di atas cairan tersebut; secara khusus dimaksudkan untuk kapal/perahu yang mengapung di atas air.

Teori tentang displacement sebenarnya tidak terlalu menarik untuk dipelajari pada awalnya. Tetapi, semua akan berubah ketika Anda menghubungkan dengan sistem penerapannya yang luar biasa mengagumkan. Contohnya sebuah kapal yang beratnya bisa mencapai 1000 ton pun bisa mengapung di atas lautan. Bentuk kapal atau luas penampang memang sangat mempengaruhi, tetapi  displacement  menjadi faktor utama.
Perlu diketahui jika penampang sebuah kapal semakin luas, maka akan semakin baik pula penyebaran beratnya. Karena bentuk kapal tanker memiliki penampang yang luas, maka penyebaran berat akan membantu kapal ini tetap terapung.

Catatan:

(1) Displacement: kapal dengan berat 1000 ton akan tenggelam seluruhnya, jika kapal ini memindahakan 1000 ton volume air (submerging point); berdasarkan prinsip ini, semua kapal pasti tenggelam.

(2) Prinsip Kapal: volume air yang dipindahkan tidak boleh sama atau lebih besar dibandingkan berat seluruh tubuh kapal. Bagaimana membuat berat kapal lebih ringan daripada volume air yang dipindahkan? Tidak bisa.

Bagaimana prinsip kapal di atas diterapkan?

Semua benda memiliki submerging point atau keadaan dimana seluruh bagian benda tersebut benar-benar tenggelam. Setiap benda yang yang diletakkan di atas air akan memindahkan volume air, sedangkan perpindahan ini terjadi secara perlahan, tidak seketika. Kapal seberat 1000 ton akan terus bergerak masuk ke dalam air sampai kapal ini memindahkan 1000 ton volume air.
Dengan kata lain, supaya sebuah kapal seberat 1000 ton tetap terapung, kapal ini harus mampu memindahkan 1000 ton air sebelum tubuh kapal benar-benar tenggelam atau mencapai submerging point. Untuk mencapai keadaan ini, penampang kapal harus dibuat sedemikian rupa sehingga berat seluruh tubuh kapal dapat tersalurkan seluruhnya ke air dengan cepat.

Air Selalu Menekan Ke Atas

Faktor kunci lainnya adalah bahwa air selalu memberi tekanan ke atas. Ketika sebagian tubuh kapal tetap berada di atas air saat mencapai submerging point, kapal kita yang seberat 1000 ton akan terdorong ke atas oleh 1000 ton volume air juga.
Simpulan: Luas penampang mampu memanipulasi berat kapal itu sendiri. Seluruh beratnya akan tersalurkan ke dalam air saat sebagian tubuh kapal masih terapung. Berapapun jumlah kargo yang masuk akan menambah berat kapal dan proses yang sama akan terulang lagi.

Kenapa batu, besi, atau baja kecil tenggelam seketika sedangkan kapal 1000 ton tidak?

Batu tidak memiliki bentuk yang mampu menyalurkan berat dengan baik. Benda ini baru bisa mencapai submerging point saat seluruh bagiannya benar-benar tenggelam dan tekanan ke atas yang diberikan air tidak mampu menopang secara merata juga.

No comments:

Post a Comment