Wednesday, April 17, 2013

Teori Lain Tentang Kepunahan Dinosaurus

Teori Lain Tentang Kepunahan Dinosaurus
Teori Lain Tentang Kepunahan Dinosaurus

Walaupun teori benturan asteroid tentang kepunahan Dinosaurus adalah yang paling bisa dan paling banyak diterima, masih banyak pihak yang berbeda pendapat. Salah satu yang paling populer adalah tentang terjadinya letusan gunung berkepanjangan. Bukti peristiwa bersejarah ini ditemukan di Deccan Traps di Dataran Tinggi Deccan, India. Fenomena vulkanik yang berlangsung secara terus-menerus dalam waktu relatif lama juga bisa memicu perubahan iklim; dampak akhir akan sama dengan akibat yang ditimbulkan oleh benturan dengan asteroid seperti yang kita bahas pada artikel sebelumnya. Tetapi fenomena vulkanik tidak bisa memberi penjelasan tentang keberadaan kandungan iridium di permukaan Planet Bumi atau crust.

Dengan kata lain, jika memang letusan gunung berapi yang mengakibatkan kepunahan Dinosaurus, maka kandungan iridium di lapisan permukaan akan tetap berada di level normal. Apakah iridium didorong oleh magma yang keluar? Tidak bisa, karena sumber letusan gunung berapi berasal dari lapisan tengah (mantle), bukan dari pusat Bumi (core) dimana iridium banyak ditemukan.

Salah satu hal yang masih menjadi perdebatan adalah apakah Dinosaurus punah secara seketika atau mereka telah memulai proses kepunahan jauh sebelum K/T. Beberapa ilmuwan percaya bahwa Dinosaurus punah secara perlahan dan telah memulai prosesnya jutaan tahun sebelum mahkluk ini benar-benar hilang dari Planet Bumi. Penelitian di Western Interior of North America menujukkan bahwa lapisan Bumi yang terbentuk pada periode Cretaceous memiliki lebih sedikit fosil Dinosaurus dibandingkan dengan banyak lapisan yang ada di bawahnya. Hasil studi ini dibantah oleh banyak peneliti lain yang tidak melihat adanya perbedaan jumlah fosil yang ditemukan di lapisan Cretaceous.

No comments:

Post a Comment