Wednesday, June 12, 2013

Frekuensi Suara Melengking

Kaca Pecah karena Suara
Frekuensi Suara Melengking - Kaca Pecah karena Suara

Di film-film, terutama animasi atau kartun, kita sering melihat seorang penyanyi yang mampu memecahkan kaca gelas atau jendela hanya dengan lengkingan suaranya. Apakah hal ini memang mungkin terjadi pada kehidupan nyata?

Ya. Sangat mungkin.

Dengan suara yang kuat dan amplifikasi yang tepat, akan tercipta getaran di udara yang mampu memecahkan kaca; tapi kebanyakan orang memiliki pita suara yang tidak terlalu kuat untuk menghasilkan suara setinggi itu. Bagaimanapun juga, menurut hukum fisika hal ini memang memungkinkan. Jika seorang penyanyi bersuara di frekuensi yang tepat dan dengan amplifikasi yang benar, dia akan mampu memecah kaca jendela.

Pada dasarnya, semua benda memiliki frekuensi natural, atau frekuensi dimana benda tersebut bergetar. Jika Anda memukulkan sebuah sendok ke gelas, suara yang dihasilkan merupakan frekuensi alami/natural gelas itu.

Suara manusia, dengan frekuensi yang tepat, bisa juga menyebabkan gelas tersebut bergetar. Fenomena ini sering disebut resonansi (benda bergetar karena benda lain juga bergetar). Suara manusia akan mendorong partikel udara, yang kemudian akan menabrak gelas; gerakan partikel udara seperti sebuah gelombang.

Jika kekuatan suara diperkuat melalui proses amplifikasi, misalnya dengan alat elektronik, pergerakan gelombang juga menjadi kuat. Getaran gelas semakin besar sehingga bisa pecah. Tapi fenomena pecahnya gelas karena suara sangat jarang terjadi. Mungkin akan lebih mudah jika kaca gelas tersebut sangat tipis, atau memang sudah ada retakan di gelas.

Hal ini pernah terjadi pada tahun 2005 dan diuji secara langsung oleh Discovery Channel. Seorang penyanyi bernama Jamie Vendera diminta menyanyi; kemudian akan dilihat apakah suara kuatnya bisa memecahkan gelas. Vendera mencoba beberapa kali, dan akhirnya dia bisa memecahkan gelas tersebut tanpa proses amplifikasi suara.

No comments:

Post a Comment