Sunday, March 31, 2013

Rumah Kita - Planet Bumi (Bagian 1)

Semua Ada Di Rumah

Di film-film, kita mungkin tercengang dengan gambaran betapa buruknya atau betapa indahnya gambaran yang dipertunjukkan tentang luar angkasa. Tetapi sebenarnya, banyak sekali (atau bahkan semua) hal-hal menakjubkan ada di rumah kita, Planet Bumi. Kita memiliki ledakan gunung api, benturan-benturan lempengan batu besar, dasar lautan gelap gulita yang dipenuhi mahkluk-mahkluk aneh, dan sebagainya. Kita juga punya tempat-tempat ekstrim dengan luar biasa rendah dan tinggi, daratan terdalam dan tertinggi, dan hal-hal menakjubkan lainnya. Dunia yang kita tempati memiliki banyak misteri yang belum terungkap. Berikut ini adalah sebagian kecil fakta-fakta menarik mengenai planet yang kita tinggali.

Rumah Nomor 3

Rumah kita adalah planet ketiga dari matahari dalam sistem tata surya. Sampai sekarang, Bumi adalah satu-satunya planet yang diketahui memiliki fitur sempurna yang mendukung kehidupan seperti atmosfer dengan kandungan oksigen, dan jumlah air yang melimpah di lautan.

Bumi Tidak Berbentuk Bulat

Bumi Tidak Berbentuk Bulat
Bumi Tidak Berbentuk Bulat
Bumi Tidak Berbentuk Bulat (1)
Bumi Tidak Berbentuk Bulat (1)

Sekali lagi, bumi tidak memiliki bentuk bulat sempurna seperti bola. Mungkin Bumi berbentuk seperti bola jika planet ini tidak memiliki gaya gravitasi. Saat Bumi berputar, gravitasi mengarah ke pusat planet, sedangkan pusat planet memiliki gaya centrifugal (gaya yang menekan keluar dari pusat suatu benda). Arah gaya gravitasi dan poros Bumi sebenarnya membentuk sudut siku-siku, tetapi poros Bumi tidak dalam posisi benar-benar datar (letak satu ujung poros selalu lebih tinggi dari ujung poros yang lain). Hal ini menyebabkan gaya centrifugal dari pusat planet tidak bersinggungan tegak dengan arah gaya gravitasi pada garis katulistiwa/poros/ekuator. Ketidakseimbangan ini berpengaruh pada bentuk Bumi; gravitasi akan menekan porsi besar dari keseluruhan berat planet Bumi di garis katulistiwa.
Untuk lebih memahami hal ini, bayangkanlah sebuah bola yang mendapat mendapat tekanan besar dari luar. Tekanan ini tidak merata di seluruh permukaan bola, sehingga merubah bentuk bulat sempurna bola menjadi oval (agak lonjong).

Kita Tidak Pernah Berhenti Bergerak

Anda mungkin mengatakan bahwa Anda sedang dalam posisi diam, tetapi sebenarnya, kita sedang menaiki kendaraan besar yang tidak pernah berhenti sama sekali, bahkan selalu bergerak dengan luar biasa cepat.

Walaupun kita menaiki kendaraan yang sama, yaitu Planet Bumi, tidak semua orang bergerak dengan kecepatan yang sama. Mereka yang berada di sekitar garis katulistiwa bergerak lebih cepat daripada mereka yang berada pada belahan Bumi lain. Bumi ini bergerak dengan orientasi barat ke timur, sehingga ujung utara dan selatan sepertinya tidak bergerak sama sekali. Mereka yang sedang berada di daerah katulistiwa bergerak dengan kecepatang kurang lebih 1000 mil per jam.

Bayangkanlah sebuah Bola basket yang berputar di atas jari Anda. Wilayah di sekitar garis katulistiwa bola basket itu memiliki jarak tempuh paling jauh dibandingkan dengan bagian lain. Maka dari itu, kecepatan wilayah ini adalah juga yang paling cepat.

Planet Tua
Planet Tua
Planet Tua

Para ilmuwan meneliti umur Bumi berdasarkan usia batuan atau pecahan meteor tertua yang ditemukan di permukaan Bumi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usia Bumi kita sudah mencapai lebih dari 4,5 miliar tahun.

(Gambar disamping adalah Nuvvuagittuq Belt yang terletak di pantai Hudson Bay di Quebec utara. Batuan ini kemungkinan adalah yang paling tua di Bumi. Ilmuwan memeperkirakan usianya sekitar 4,2 miliar tahun.)

No comments:

Post a Comment