Friday, June 14, 2013

Dinosaurus Populer – Bagian I

Dari semua jenis dinosaurus yang telah ditemukan, ada 5 nama paling populer antara lain Stegosaurus, Tyrannosaurus, Diplodocus, Coelophysis, dan Triceratops. Media publikasi seperti televisi atau film sebenarnya sangat membantu mempopulerkan nama dan figur mereka; mungkin sebagian besar anak-anak juga mulai mengenal binatang purbakala tersebut dari film. Di artikel ini kita akan membahas 3 jenis Dinosaurus terkenal sebagai berikut.

Stegosaurus

Stegosaurus
Dinosaurus Populaer - Stegosaurus

Stegosaurus adalah pemakan tumbuh-tumbuhan, berbadan besar, lamban, dan memiliki ekor bertanduk. Bagian ekor ini berfungsi untuk melawan serangan predator seperti Allosaurus dan Ceratosaurus. Di bagian punggung Stegosaurus, terdapat lempengan-lempengan berbentuk seperti daun; lempengan ini keras seperti tulang; tapi bagian ini tidak terkait secara langsung dengan kerangka utamanya. Lempengan di punggung Stegosaurus menempel pada kulit; kebanyakan fosil yang ditemukan memang menunjukkan bahwa lempengan ini terpisah dari tubuh.

Pada awalnya O.C. Marsh, seorang ahli paleontologi, mengira bahwa lempengan di punggung Stegosaurus menempel di kulit dalam posisi terlentang. Kemudian setelah menemukan spesimen lain yang terkubur di lumpur, Marsh menyadari sebenarnya lembengan tersebut berdiri tegak. Ada dua barisan lempengan di punggung Stegosaurus.

Seperti disebutkan sebelumnya, Stegosaurus justru menggunakan ekornya untuk melawan predator; para ilmuwan masih kurang begitu tahu fungsi utama lempengan seperti daun itu. Ada yang berpendapat lempengan itu digunakan untuk mengatur suhu tubuh, menakuti Dinosaurus jenis lain, atau sebagai alat bagi spesies ini untuk mengenal satu sama lain.

Ada lubang-lubang kecil di permukaan lempengan, dan diduga sebagai tempat pembuluh darah. Jumlah atau volume darah yang melewati pembuluh ini membantu mengatur suhu tubuh Stegosaurus. Kepala Stegosaurus sangat kecil dibandingkan tubuhnya. Ukuran otaknya mungkin hanya sebesar buah jeruk.

Tyrannosaurus

Tyrannosaurus
Dinosaurus Populer - Tyrannosaurus

Tidak ada seorangpun yang tidak mengenal Tyrannosaurus. Reputasinya sebagai binatang paling menakutkan sudah tersebar sepanjang waktu sejak mereka ada. Ada 60 gigi di rahang mereka, setiap gigi berukuran panjang 20cm; kekuatan gigitannya 3 kali lebih besar daripada seekor singa.

Bekas gigitan yang ditemukan pada fosil Triceratops dan Edmontosaurus menunjukkan bahwa Tyrannosaurus mampu mengunyah tulang mangsanya. Sebuah studi lain yang mempelajari sisa kotoran Tyrannosaurus (yang telah juga berubah menjadi fosil) juga menemukan sisa tulang-tulang dinosaurus lain yang dimakan.

Tyrannosaurus bukan hanya memburu mangsa, tapi mereka juga mampu bertahan hidup dengan memakan bangkai dinosaurus. Tulang tengkorak T. rex berukuran panjang lebih dari 1,5 meter; pusat indera penciuman terletak di sebuah lubang besar di tengkoraknya. Mereka mampu mencium bau mangsa dengan sangat baik atau menngunakannya untuk mencari bangkai.

Tyrannosaurus sering bertarung dengan dinosaurus sejenis; hal ini ditunjukkan dengan ditemukannya banyak bekas gigitan di fosil mereka. Perkelahian ini sering terjadi karena perebutan makanan atau pasangan kawin. Tyrannosaurus mungkin hidup berkelompok, karena ada bebarapa fosil ditemukan di tempat yang sama. Tetapi, ilmuwan masih belum tahu apakah pemangsa ini berburu secara individu atau berkelompok seperti singa atau serigala sekarang.

Triceratops


Triceratops
Dinosaurus Populer - Triceratops
Dengan tiga tanduk, mulut berbentuk seperti paruh burung nuri, dan kepala besar, Triceratop merupakan salah satu dinosaurus daratan paling menakutkan. Tanduk digunakan untuk melawan serangan Tyrannosaurus; ada sebuah fosil Triceratop yang dikumpulkan secara terpisah menunjukkan bekas gigitan Tyrannosaurus di bagian tanduk, tapi tanduk ini kemudian sembuh; jadi senjata ini memang efektif.

Bekas tusukan tanduk Triceratop juga banyak ditemukan, terutama di bagian kepala. Hal ini menunjukkan bahwa Triceratop juga menggunakan tanduk untuk bertarung dengan dinosaurus sejenis, mungkin untuk menarik perhatian betina.

Berbeda dengan kebanyakan dinosaurus bertanduk lainnya, Triceratop lebih cenderung untuk hidup sendiri atau tidak berkelompok. Fosil-fosil mereka ditemukan di tempat yang berbeda-beda.

No comments:

Post a Comment