Friday, June 14, 2013

Sebelum Dinosaurus

Dinosaurus memang binatang purbakala yang memulai kehidupannya puluhan juta tahun yang lalu, tapi ada jenis binatang yang telah hidup jauh sebelum mereka, yaitu buaya. Keduanya adalah jenis reptil tapi kemudian berkembang di jalur yang berbeda.

Sebelum Dinosaurus
Sebelum Dinosaurus

Buaya tercipta untuk bertahan hidup. Mereka memulai kehidupan sekitar 200 juta tahun yang lalu di jaman Mosozoic, jadi mereka telah ada jauh sebelum Planet Bumi melihat Dinosaurus. Buaya tersebar di lebih dari 90 negara; ada 23 spesies Crocodyla yang menjelajahi sungai, rawa dan perairan lain. Sebanyak 23 spesies tersebut dibagi menjadi 3 keluarga besar antara lain alligatoridae (alligator dan caiman), crocodylae (crocodiles), dan gavialidae (gharials).

Para ilmuwan percaya bahwa kemampuan buaya untuk hidup di air menyelamatkan mereka dari peristiwa kepunahan besar yang melanda Dinosaurus.

Lalu jika dinosaurus dan buaya pernah hidup di rentang waktu yang sama, apakah mereka saling berhubungan? Seperti disinggung di atas, mereka adalah reptil; ciri utamanya adalah mereka binatang berdarah dingin, sehingga sangat tergantung pada keadaan lingkungan untuk sirkulasi panas dan dingin tubuh. Ada juga beberapa kesamaan secara fisik misalnya gigi tajam dan cakar. Secara umum, dinosaurus dan buaya memiliki nenek moyang yang sama.

Jika kita menelaah lebih lanjut, garis keturunan nenek moyang buaya akan berlanjut ke ular, kadal, bahkan burung. Ada beberapa ilmuwan yang berpendapat bahwa sebenarnya buaya lebih berkerabat ke burung daripada ular atau kadal. Seperti dikatakan sebelumnya, dinosaurus dan buaya berkembang secara terpisah, walaupun nenek moyang mereka sama, yaitu archosaurs.

No comments:

Post a Comment