Saturday, April 6, 2013

Seberapa Baik Anda Mengenal Dinosaurus?

Seberapa Baik Anda Mengenal Dinosaurus
Seberapa Baik Anda Mengenal Dinosaurus

Sebelum manusia pertama menginjakkan kakinya di Planet Bumi, ada mahkluk lain yang begitu mendominasi hampir semua bentuk ekosistem dan berada di puncak rantai makanan selama jutaan tahun; kita menyebutnya sebagai Dinosaurus.

Tidak ada seorangpun yang pernah bertemu dan berinteraksi dengan Dinosaurus secara langsung. Semua hal yang kita ketahui tentang mahkluk ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan para ilmuwan berdasarkan penemuan fosil yang tersebar hampir di seluruh permukaan planet, baik di daratan maupun di dasar lautan. Selama ini kita mendengar bahwa memang ada beberapa binatang yang pernah hidup di jaman purbakala bersama Dinosaurus dan tetap mempertahankan keberadaan spesiesnya sampai sekarang. Dinosaurus adalah bagian dari keluarga reptil, tapi tentu saja berbeda dengan reptil yang kita kenal sekarang.

Ada kemungkinan bahwa beberapa jenis hewan dari spesies mamalia hidup di jaman Dinosaurus, tetapi tentu saja jumlahnya masih sangat sedikit. Sebagian besar binatang prasejarah ikut punah bersama dengan Dinosaurus. Banyak teori mengenai penyebab kepunahan mereka; bahkan ada juga yang mengatakan bahwa Dinosaurus memang telah mencapai puncak tangga evolusi dan memang harus punah. Tetapi ternyata banyak mahkluk lain, bukan dari jenis Dinosaurus, yang mengalami kepunahan sehingga teori ini masih perlu pembuktian lebih lanjut. Ada juga yang mengatakan bahwa proses kepunahan mereka terbilang singkat (jika dilihat dari sudut pandang geologic time), karena perubahan alam skala besar yang terjadi saat itu.

Pada bagian ini, kita mencoba mengumpulkan banyak informasi yang telah tersedia dari berbagai sumber dan membahas sejarah panjang kehidupan Dinosaurus secara singkat, artikel per artikel, dari periode ke periode mulai dari pertama kali Dinosaurus muncul sampai proses kepunahan mereka.

Dinosaurus memiliki kelompok, jenis, atau spesies seperti layaknya binatamg jenis lain yang kita kenal sekarang. Penelitian yang telah dilakukan selama bertahun-tahun dan masih berlanjut sampai sekarang, mampu membuka mata dunia mengenai betapa besarnya dominasi mahkluk ini selama mereka hidup. Satu hal yang kita tahu adalah bahwa periode kehidupan manusia di Planet Bumi masih belum seberapa jika dibandingkan dengan rentang waktu kehidupan Dinosaurus.

No comments:

Post a Comment