Friday, June 21, 2013

Dinosaurus Pun Berenang

Dinosaurus Bisa Berenang
Dinosaurus Pun Berenang


Sangat sedikit dokumentasi atau film yang menceritakan tentang kehidupan Dinosaurus di air. Sebagian besar akan memberi gambaran kehidupan binatang purbakala ini di hutan, ladang rumput, atau tempat-tempat lain di hutan. Tentu saja ada beberapa Dinosaurus yang tinggal di lautan, tapi sekali lagi, kita jarang melihat dokumentasi seperti itu. Bagaimana dengan Dinosaurus darat? Apakah mereka bisa berenang seperti binatang modern misalnya kerbau, anjing, angsa, kudanil, atau, yang lain?

Pada bulan April 2013, seorang peneliti dari University of Alberta bernama Scott Parsons, berhasil mengidentifikasi bukti-bukti kemampuan renang Dinosaurus. Tim peneliti menemukan bekas cakar besar di sebuah dasar sungai di China, yang memang telah diketahui sebagai salah satu tempat lalu-lintas Dinosaurus. Bekas cakar-cakar itu diketahui milik Dinosaurus besar berleher panjang, dan Scott Parsons mengidentifikasi bahwa jejak-jejak merupakan bekas langkah teratur dengan pola kiri-kanan-kiri-kanan.

Berjalan atau berenang? Mungkin tidak berenang karena kaki mereka masih menyentuh tanah dasar sungai. Tapi sekali lagi Parsons menemukan hanya ujung jari kaki Dinosaurus yang menginjak dasar sungai itu. Jejak yang diidentifikasi merupakan bekas langkah theropods karnivora; ada juga bekas cakar sauropod berkaki empat. Jejak-jeak itu tentu saja telah berubah menjadi fosil: Sekitar 100 juta tahun lalu, sungai yang sekarang menjadi Provinsi Szechuan itu, merupakan sebuah jalan besar yang sering dilalui Dinosaurus. Hanya dengan bekas cakaran saja, sulit bahkan tidak mungkin menentukan jenis Dinosaurus secara pasti.

No comments:

Post a Comment